Jumat, 22 Mei 2020

Membuat Siaran Televisi Pendidikan lewat aplikasi (Bincang Kami bersama Prof. Deni Darmawan)

Tema : " Membuat Siaran Televisi Pendidikan Lewat Aplikasi "











"Komunitas Guru Indonesia telah meluncurkan satu buku yang sangat penting yaitu Pendidikan Menuju Indonesia Emas. Peluncuran ini bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional pada tanggal 02 Mei 2020. Para guru dan pendidik untuk membaca buku ini dan terus jangan pernah lupa untuk belajar mengkaji pemikiran yang luar biasa. Banyak pikiran yang harus dituangkan berdasarkan fakta dan perenaungan bagaimana Indonesia kedepan." (Unifah Rosyidi).
https://rollymandastana.blogspot.com

Kantor Hubungan Masyarakat (Humas), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada Selasa (28/04/2020) melakukan Soft Launching TVUPI. TVUPI merupakan televisi berbasis digital yang siarannya dapat diakses melalui internetTVUPI memiliki tiga kanal utama, yakni: 1 kanal siaran TV 24 jam/hari nonstop, dan 2 kanal siaran Live Campus Journalist (LCJ). Pada kanal utama, masih dilakukan siaran percobaan yang menampilkan siaran-siaran internal UPI dan beberapa siaran rekanan dari media lain. Sementara itu, dua kanal siaran dapat menampilkan liputan langsung dari kontribusi LCJ. LCJ merupakan liputan langsung dari para kontributor yang ditampilkan live streaming dari kanal LCJ. Saat ini ketiga kanal tersebut dapat diakses melalui laman http://humas.upi.edu/upi-tv (TVUPI 1) dan http://humas.upi.edu/tv-upi-tv (TVUPI 2). Pada kegiatan Soft Launching terdapat beberapa siaran langsung real time Work From Home dan siaran di lingkungan kampus. Kegiatan dibuka oleh pembawa acara Dr. Isah Cahyani, M.Pd. dan Kepala Humas UPI, Prof. Dr. Deni Darmawan, M.Si, MCE. Kemudian dilanjutkan dengan doa oleh Ust. Aam. Kemudian terdiri dari beberapa sambutan, yakni Dr. Yuliawan Kasmahidayat (mantan Kepala Humas UPI), Dr. Ahmad Bukhori (Kepala OIER), Dr. Alain Kiyindou (Bordeaux University, Perancis). http://berita.upi.edu/25342/

Ulasan Prof. DENI DARMAWAN yang dapat saya tuliskan :
Bagaimana kita mengembangkan sebuah siaran progam televisi dibidang pendidikan terutama secara mobile dengan memanfaatkan produk-produk channel televisi yang bisa didowload di HP dengan aplikasi-aplikasi yang telah disediakan,. Petunjuknya bisa didapat dengan mengakses http://humas.upi.edu/upi-tv/. Aplikasi wowza gocoder yang merupakan aplikasi kamera yang bisa dipakai ketika meliput aktivitas dimana pun kita berada. bisa dicari di playstore yang berbasis android maupun IOS apple. 
Siaran program yang kita tonton sebenarnya bisa diproduksi melalui HP yang telah kita install aplikasinya. Kemudian bisa melakukan request kekami (panitia TV UPI)  tetapi kami set up terlebih dahulu.
Adapun langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Cari aplikasi wowza gocoder yang terdapat pada playstore kemudian diklik untuk didowload.
  2. Kemudian install aplikasi ke-HP
  3. Set up kode-kode siaran langsung yang terkait (diberikan oleh TV UPI)
Pada umumnya maksimal acara adalah 1 jam untuk menyampaikan informasi baik secara audio maupun visual. Adapun alamat untuk medowload aplikasi tersebut: http://humas.upi.edu/upi-tv/

Langkah-langkah yang berhubungan dengan tahapan-tahapan Encoder :



























Contoh siaran langsung pemilihan rektor 















Acaranya akan diatur waktunya, kalau ada acara yang bersamaan waktunya dengan program lainnya, bisa dikirim file rekamannya. jadi disiasati dengan adanya siaran tunda, Acaranya ada juga yang pribadi misalnya pengajian rutin, dengan TV UPI ini, sehingga jarak dan waktu bisa disiasati. Karena aplikasi ini sudah ada kamera, director dan narasumber., semoga ini bisa digunakan oleh bapak ibu. dalam merekam semua peristiwa penting, dunia itu dalam genggaman bapak ibu. 

Acara TV UPI ini sudah diresmikan ketua PGRI RI ibu Unifah Rosyidi.  Ibu Unifah Rosyidi mengatakan bahwa : "Komunitas guru indonesia Meluncurkan satu buku yang sangat penting yaitu Pendidikan Menuju Indonesia Emas. Peluncuran ini bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional tanggal 02 Mei 2020.  Sebagai hari Pendidikan Nasional yang sangat berbeda karena adanya wabah Covid-19".  Kita juga akan memasuki 100 tahun kemerdekaan.  Selamat kepada UPI yang menuliskan buku yang tebalnya 2020 halaman, yag  menjadi sumbangan dan referensi , sejarah. cetak biru pendidikan. Para guru dan pendidik untuk membaca buku ini dan terus jangan pernah lupa untuk belajar mengkaji pemikiran yang luar biasa. Banyak pikiran yang harus dirtuangkan berdasarkan fakta dan perenaungan bagaimana Indonesia kedepan."















Itulah ucapan dari ketua PGRI RI yang memberikan ucapan atas lunchingnya TV UPI.

Penulis : Rolly FN

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar