Jumat, 12 Juni 2020

Sepenggal kisah pembuatan Blog MGMP Matematika Barito Kuala


MGMP Matematika (nge-Blog)


https://rollymandastana.blogspot.com

Hari ini saya dan kawan-kawan belajar membuat blog, setelah beberapa hari yang lalu belajar sekilas google classrooms yang dibuka oleh Kabid SMP Dinas pendidikan Barito Kuala (Pak Lulut), dimentori oleh pak Hadi Purwandi seorang Kepala Sekolah yang baru dilantik dan juga merupakan seorang instruktur matematika yang berpengalaman. https://youtu.be/5a-UlbKcmJY 


                                 Gbr. pelatihan Google Classroom beberapa hari yang lalu.


Kulihat arloji ditanganku sudah lewat beberapa menit dari jam 10.00 Wita, acara sudah dimulai.
Dengan urutan kerja secara garis besarnya :
  1. pembuatan G-mail peserta
  2. pembuatan blog peserta
  3. memasukan file dari drive ke blog
  4. memperpendek situs (nama) blog untuk mempermudah siswa. 
Pembelajaran ini bersifat Daring dengan menggunakan Microsoft Teams. Lumayan banyak juga peserta yang mengikuti acara ini mungkin terbaca sekitar 30 orang lebih, yang onlinenya, tapi tidak menutup kemungkinan pesertanya lebih dari itu, karena terkendala sinyal dari tempat-tempat yang berbeda dan agak terpencil. Petanyaan demi pertanyaan dilontarkan yang dilanjutkan kawan-kawan dengan kerja nyata sekaligus.

Pembuatan  Blog ini bertujuan untuk mempermudah guru dan siswa dalam menjalani komunikasi dimasa pendemi covid-19 ini, secara daring. Dengan kemajuan era digitalisasi 4.0, memang harus memungkin seorang guru mengikuti kemajuan pada zamannya, walaupun pada umumnya kami ini sudah terbilang generasi-X.

Dengan adanya blog ini diharapkan kepada kami semua guru, untuk terus berkembang dalam proses pembelajarannya. Blog ini juga dimodifikasi dengan google drive serta URL shortener.

Satu ilmu lagi yang didapat. Terimakasih kawan-kawan...!

klik disini untuk mendownload


Tidak ada komentar:

Posting Komentar