Rabu, 20 Mei 2020

Mendokumentasikan Semua Kegiatan di BLOG (Bincang Kami bersama DEDI DWITAGAMA)

Tema : "Mendokumentasikan Semua Kegiatan di BLOG"
















Idealnya guru menulis, 
tapi menulis buku kini kurang menarik.
teknologi mempermudah kita menggunakan aplikasi dengan menulis di blog.
dan itu lebih cepat  rasanya untuk dibaca orang dan dinikmati banyak pihak. (Dedi Dwitagama)
 
Pendidik, pemimpi makin banyak anak negeri yang berani berkompetisi & jadi pemimpin
Narasumber : Dedi Dwitagama

Prestasi yang pernah diraih :
  1. Wakil Indonesia pada Academic Leadership Training for School Principal
    UNESCO, Seoul Korea Selatan 2012
  2. Ketua Delegsi Indonesia pada South East School Principal Forum – SEASPF, Bali 2012
  3. GURARU AWARD – GURU ERA BARU AWARD INDONESIA – Acer,
    Jakarta, 2012
  4. Nominator Blog Pendidikan terbaik Indonesia, Pesta Blogger Nasional,
    Jakarta, 2011
  5. Juara 3 Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, 2008
  6. Juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Jakarta Pusat, 2008
  7. Juara 2 e-Learning Award tingkat Naasional, Pustekkom Depdiknas RI,
    Oktober 2008
  8. Juara 3 Kompetisi blog “I Love Mobile Blogging”: XL dan Dagdigdug, FKI
    – JHCC Jakarta, Juni 2008
  9. Wakil DKI Jakarta pada Lomba Guru Berprestasi tingkat Nasional,
    Jakarta, 2004
  10. Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, Jakarta 2004
  11. Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Jakarta Pusat, Jakarta 2004
  12. Juara 2 Guru Berprestasi tingkat Jakarta Pusat, Jakarta 2003
  13. Delegasi Indonesia pada ACCORD meeting for Collecting Data Statistic
    Drug, Bangkok 2002
  14. Wakil Indonesia pada Training Drugs Free Workplace UNODC, Bangkok
    1998.
  15. Wakil Indonesia pada Training on Drugs Abuse Prevention Activities
    Asia Pasifik, Jepang 199
  16. Juara 1 Musikalisasi Puisi tingkat Nasional DPD Golkar DKI Jakarta,
    Jakarta, 1989
  17. Juara harapan 1 Pembacaan Pembukaan UUD 1945, Jakarta 1987
  18. Juara ke-2 Menyanyi Keroncong se DKI dan Jabar, Jakarta 1986
  19. Juara harapan 1 Lomba Baca Puisi se DKI Jakarta, Jakarta 1986
  20. Juara ke-3 Puitisasi Al Quran se-Jabotabek, Jakarta 1985
  21. Juara harapan 2 Paduan Suara tingkat SLTP se Jawa, Bandung 1978
  22. Juara ke-1 Deklamasi se DKI Jakarta, Jakarta 1976
  23. Juara ke-1 Menyanyi se kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta 1975
  24. Juara ke-2 Deklamasi se Jakarta Selatan, Jakarta 1974
Instagram: @dwitagama
Mobile: +628128534836
 
Alamat Rumah : Jl. E.1 No. 3 Cipinang Muara Raya
Jatinegara – Jakarta Timur 13420 Indonesia
Telepon : (62-21) 8509054 – HP: (62) 812 8534 836
Email:
dwitagama@gmail.com
dwitagama@yahoo.com
 
Pekerjaan dalam Bidang Pendidikan
• 2012 – sekarang – Guru SMK Negeri 50 Jakarta
• 2011 – 2012 – Kepala SMK Negeri 29 Penerbangan Jakarta
• 2009 – 2011 – Kepala SMK Negeri 36 Jakarta
• 2005 – 2009 – Kepala SMK Negeri 3 Jakarta
• 1988 s/d 2005
Mengajar Matematika di SMK Negeri 39 Jakarta Pusat
• 1994 s/d 1999,
– Mengajar di Syariah Bangking Institut (SBI) Jakarta
+ Matematika Keuangan
+ Manajemen
– Mengajar di Akademi Akuntansi Artawiyata Indonesia (A3I) Jakarta
+ Statistik Bisnis I & II
– Mengajar di Akademi Keuangan dan Perbankan (AKP) LPI jakarta
d/h ABA/ABI Jakarta
+ Statistik Bisnis I & II
• 1984 s/d 1993,
– Mengajar Matematika di:
+ SD Mekarsari Jakarta Selatan
+ SMP – SMEA Palapa Indonesia Jakarta Selatan
+ SMU Negeri 86 Jakarta Selatan
 
 Pengalaman Organisasi
• Sekretaris Kelompok Kerja Kepala SMK (K3SK) DKI Jakarta
• Forum Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta
• Sekretaris II PGRI Kotamadya Jakarta Pusat
• Sekretaris Dewan Pendidikan Kotamadya Jakarta Pusat
• Wakil Kepala Sekolah Bid Kurikulum & Operasional SMK Negeri 39 Jakarta
• Sekretaris Komite Sekolah SMK Negeri 39 Jakarta
• Anggota Komite Sekolah SMK Negeri 37 Jakarta
• Departemen Diklat DP “BERSAMA” (Koordinator LSM Anti Narkoba Indonesia) Jakarta
• Ketua Koperasi Mitra Setia Jakarta
• Bendahara Koperasi Mitra Setia Jakarta
• Sekretaris Koperasi Mitra Setia Jakarta
• Sekretaris Hotline Service Bersama – LSM di Jakarta
• Pembina OSIS SMEA Palapa Indonesia Jakarta
• Pembina OSIS SMP Palapa Indonesia Jakarta
• Anggota Badan Pengurus BP. KNPI Pondok Aren Tangerang
• Ketua FKPPI Ranting Pondok Aren Tangerang
• Anggota Pengurus Senat Mahasiswa FP MIPA IKIP Jakarta
• Seksi Penelitian & Penalaran Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika IKIP Jakarta
• Pembina Penggalang Gudep 1219 – 1220 Sinabung – Kebayoran Baru Jakarta
• Seksi Rohis Islam OSIS SMA Negeri 35 Jakarta
• Anggota Paduan Suara SMP Negeri 19 Jakarta
 
Tujuh belas tahun menjadi Guru di Sekolah Teknologi Menengah Negeri 39 Jakarta, sejak tahun 2005 sebagai Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jakarta dan sejak tahun 2009 sebagai Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 36 Jakarta. Sekolah khas dimana terdapat program studi nautika kapal penangkap ikan, teknik kapal penangkap ikan dan agribisnis perikanan, sejak Nopember 2011 hingga Oktober 2012 menjadi Kepala Sekolah di SMKN 29 Penerbangan Jakarta yang merupakan satu-satunya sekolah Penerbangan Negeri di Jakarta. Sejak 2012 Menjadi Guru di SMKN 50 Jakarta Timur.
Aktifitas Saya selain sebagai Pendidik adalah menjadi Trainer dan Motivator bidang Pendidikan, Remaja, Parenting, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, HIV/AIDS, Kepemimpinan, Berbicara dimuka Umum, Teknologi Informasi, Menulis Kreatif/Creative Writing dan Komunikasi/TIK.

Ulasan Pak DEDI DWITAGAMA yang dapat saya (Rolly) tulis :
Materi saya adalah tentang mendokumentasikan kegiatan sekolah di blog. saya akan mulai sharing tentang blog. Apa itu Blog? Secara sederhana blog seperti diary atau catatan harian yang diunggah ke internet dan bisa dinikmati oleh orang sedunia --- Saya mulai ngeblog tahun 2005 di http://dwitagama.blogspot.com.

Waktu itu saya dokumentasikan semua kegiatan; di kelas, di sekolah, di luar sekolah dan hobby saya fotografi, rasanya seperti nano-nano, yang membuat saya memutuskan untuk hijrah ke wordpress dan memisahkan mulai tahun 2007 saya mendokumentasikan ide" pendidikan dan kegiatan sekolah di http://dedidwitagama.wordpress.com.
kerja sampingan saya yang sangat luar biasa menghasilkan saya titip di http://trainerkita.wordpress.com
hasil karya hunting foto saya didokumentasikan di http://fotodedi.wordpress.com
semua blog itu masih aktif hingga kini, https://dedidwitagama.wordpress.com/2020/05/13/podcast-pak-dedi//2020/05/13/podcast-pak-dedi/ adalah posting terakhir saya
sejak 2008 saya ikut posting artikel di blog keroyokkan kompasiana.com, http://kompasiana.com/dwitagama


 Kemana saja perjalanan saya sebagai pendidik bisa disimak di https://trainerkita.wordpress.com/about/

Ini ada pengalaman unik, saya sering berfikir ttg peryaan hari kartini di sekolah selama puluhan tahun sajak saya jadi murid sampai jadi guru ... kenapa diperingati dengan konter busana daerah, padahal kartini jadi pahlawan bukan karena pakaian daerah, tetapi karena sering menuliskan surat berisi ide" pemikiran dia yang membuat dunia kagum untuk zamannya, coba anda cari di google TIPS MERAYAKAN HARI KARTINI DI SEKOLAH. Posting itu saya tulis th 2017 dan ternyata hits banget dibaca lebih dari 7.000 kali, padahal saya tulis itu bulan november, saat ide muncul ... mengalir aja ... saat tak ada jam pelajaran di kelas saya menulis menunggu waktu pulang. 

Nah, podcast lebih menantang lagi .... saya harus bercerita tentang apa saja yang memenuhi kebutuhan pendengarnya, karena cuma audio podcast bisa dinikmati sambil mengerjakan apa saja, dimana saja, dan belum banyak orang yang punya podcast serius ... teman" bisa eksis di podcast. Teman" yang mau bertanya atau pendalaman, silahkaaaan, saya lebh senang memasuki materi dari angle yang diminta bapak-ibu.

 Tanya Jawab Kami dengan Pak DEDI DWITAGAMA yang dapat saya (Rolly) catat :

  1.  Apa yang menjadi tip dan trik  pak Dedi dalam merawat blog. DD :  Saya hanya memanfaatkan nikmat Allah, punya notebook, punya HP dan akses internet, saat ini saya banyak menulis blog dg aplikasi androin di HP. Merawat blog: persis seperti merawat cinta kasih, merawat tanaman, hewan, dsbnya. Harus sering dikunjungi, disiram dengan artikel, dijawab balik komentar pembaca, kalau sedang kering ide, lihat" blog orang lain, biasanya muncul ide, ... tulis deh. Jika sedang banyak ide, saya tulis sekaliguas beberapa artikel, setiap artikelnya tak perlu terlalu banyak, cukup dua atau tiga alinea dilengkapi foto atau video, dan diposting terjadwal seminggu sekali ... andai saya punya 8 artikel, artinya dua bulan ke depan saya tak perlu posting lagi ... dan artikel kita akan muncul sendiri ... jika ada ide lagi ... jadwalkan biat dua bulan berikutnya, happy deh.
  2. Saya ingat saat Pak Dedi berkunjung ke blog sederhana saya. Bapak sampaikan bahwa di blog saya ada foto kakak beradik. Tentu kakak beradik yang luar biasa. Inginya blog sederhana saya, saya siram dengan artikel yang menarik. Sayangnya artikel menarik itu belum lahir dari tangan sederhana ini. Bagaimana cara membuat artikel menarik seperti Pak Dedi? DD : saya sudah berkunjung dan tinggalkan komentar ... artikel menarik itu adalah penilaian pembaca blog kita ... saya tak berfikir apakah posting yg saya tulis bakal jadi menarik banyak yg baca atau tidak, saya tulis aja apa yg ingin saya tulis, selanjutnya biarkan pembaca sendiri yang menemukan tulisan kita.
  3. Pada umumnya pembaca atau penikmat blog itu yang paling banyak mencari dimesin telusur gogle itu  JUDUL artikel atau Nama PENULIS BLOG itu sendiri ? DD : bisa keduanya, menurut amatan saya lebih banyak dari kontent yang ingin dibaca ... jadi kalau mau blog kita banyak pengunjungnya, silahkan tulis hal-hal yang menurut bapak banyak dibutuhkan orang saat ini, gunakan judul yang menarik perhatian, rame deh.
  4. Jika nulis di blok apa harus sering mengunjungi blog teman kita sama. Agar kita dapat komentar dari teman-teman. Masalah saya pemula saya punya 2 blok yang pribadi dan keroyokan. Kalo kroyokan rame ada saja yang komen. Sedang yang mandiri tidak ada kecuali kita kirim ke teman-teman tulisan kita ? DD : Jika blog kita mau dikomentari orang ... silahkan ibu berkunjung dan komentari blog teman, secara etika kita harus membalas komentar di blog orang lain yang memberi komentar di blog kita, happy deh.
  5. Mempunyai banyak situs dalam menulis seperti blogspot, wordpress. kompasiana, instagram.. youtube dll....dari semuanya itu ..mana yang paling asyik dan paling menyenangkan..? DD : Masing-masing punya karakter dan keunggulan sendiri", blogspot itu generasi blog terdahulu, wordpress lebih baru dan biasanya teknologi terbaru memiliki banyak keunggulan, kompasiana itu pembacanya luar biasa pak, mereka" adalah perwakilan orang indonesia di seluruh dunia yang gemar menulis dan membaca, jadi seru aja menulis di kompasiana, lebih menantang... blog kita bisa bercerita dengan tulisan, supaya tulisan lebih menarik disertai foto atau video, instagram lebih ekspose foto, captionnya cuma bisa seperlunya, youtube menuntut kemampuan narasi lewat adegan visual, feel nya beda" pak, ada keseruan sendiri".
  6. Apa boleh judul tulisan kadang dibuat Aneh... misal judulnya Mr.X telah meninggal... tapi ketika dibaca tulisannya ternyata dia hanya meninggalkan rumah untuk beberapa hari saja. Kadang antara judul dengan isi malah berbeda..pak. ? DD : sebenarnya boleh saja, itu kan blog kita, suka" kita mau bikin judul apa .... tetapi coba aja bayangkan diri kita sebagai pembaca blog orang lain yang menulis judul tertentu dan beda isinya ... gimana rasanya .... nah rassa empati bisa jadi kontrol dalam memproduksi tulisan.
  7. Berarti dalam blog bapak isinya beragam ya pak?tidak tentang 1 atau 2 tema. Apa yang bapak ingin tulis, ya ditulis saja.seperti itu? DD : buat saya blog bisa jadi tempat mendokumentasikan apa saja, sebagai cara meninggalkan jejak ... mempraktekkan pribahsa "gajah mati meninggalkan gading harimau mati meninggalkan belang", kalo guru mati? manusia itu unik ... sebebas apapun saya menulis artikel di blog saya, pembaca akhirnya akan tahu keunikan saya ... dan itu tak perlu kita setting ... mengalir aja, biarkan waktu yang menentukan ... akan indah pada waktunya.
  8. Blog saya tulisan yang paling banyak viewers nya itu yang tentang media,,sampai sekarang tiap hari masih bertambah yang melihat, sedang tulisan lain stagnan disitu saja. Sebaiknya tips dari bapak, cara mengelola blog saya bagaimana ya pak? DD : kalau ibu ingin memberi kepuasan kepada viewers silahkan produksi terus tulisan ttg hal itu ... tapi ada trend nya ... saat orang" bosan deng tema itu,tulisan ibu tak akan laku lagi .... tapi kalau kita tulis sesuai passion kita ... bisa saja tulisan itu tak bernilai sekarang tapi ternyata jadi booming dan dibutuhkan orang sekian tahun ke depan. Saya menuliskan aja apa yang mau saya tulis, soal nanti ada yang baca atau tidak saya tak peduli, happy deh.
  9. Teman saya menulis tulisan yang dimuat disuatu blog X.... kemudian isi dari situs itu dibagikannya lagi ke FB..beberapa jam kemudian tulisan tersebut menjadi hilang (tertulis melanggar ketentuan...).  Apa yang menjadi peyebabnya ya..pak ? DD : kalau posting di blog wordpress kayanya tak akan hilang, karena kontrolnya tak terlalu ketat ... kalau dimuat di kompasiana bisa jadi, karena ada redaksi yang kerjanya mengamati isi tulisan, dan mereka punya sistem yang mendeteksi tulisan hasil kopi paste, pasti akan ketahuan dan dihapus, syaratnya jika ada kopian tak lebih dari 25 persen artikel.
  10. Semisal di blog kita menuliskan keresahan kita tentang keadaan negara "politik/kebijakan pemerintah", etis atau tidak ya?dan apakah akan terkena UU ITE?
    Karena terus terang saya pernah agak mengkritisi kebijakan pemerintah di grup WA, langsung dapat SP dari admin,, akhirnya segala keresahan saya, cuma jadi sesuatu yang terpendam ? DD:saya menggunakan gaya fiksi atau negeri paman besut utk ungkap keresahan tanpa sebut nama tokoh atau ganti saja nama tokoh ... intinya kita bisa ungkap keresahan dan tetap aman, ini artikelnya. 



















Saya simpulkan sessi kita: bahwa menulis di blog adalah salah satu alternatif di era digital yang mudah dikerjakan oleh setiap orang karena bisa jadi penanda atau jejak kehidupan kita, dan ketika tulisan kita bermanfaat buat orang lain maka pahalanya bakal terus mengalir walau kita sudah tak ada ... karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat buat sesama, dari kediaman saya di Jakarta Timur saya ucapkan terima kasih atas partisipasi yang seru dan kunjungan ke blog saya yang luar biasa, jika teman" ada pertanyaan atau kesulitan saat mengelola blog, silahkan japri saya ... semoga saya bisa membantu ... stay safe ya teman", semoga kita bisa jumpa di darat pada kondisi sehat dan bugar.


Penulis : Rolly

Tidak ada komentar:

Posting Komentar